Kegunaan Dan Sifat-Sifat Unsur Karbon


A. Kegunaan Karbon
Karbon bersifat sangat istimewa karena kemudahannya berkaitan dengan unsur-unsur lain. Keistimewaan karbon ini menyebabkan mampu membentuk banyak senyawa.
1) Unsur karbon
Unsur karbon yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari merupakan karbondalam bentuk intan, grafit, dan amorf.
  • Intan, merupakan kristal karbon tetrahedral yang khas. Intan berwujud padatan yang sangat keras sehingga digunakan sebagai alat pemotong dan mata bor dalam penambangan minyak.Intan yang telah diasah ini dikenal sebagai berlian yang sering digunakan untuk berbagai jenis perihasan.
  • Grafit, Grafit memiliki struktur kristal karbon dengan pola berlapis-lapis dan berebntuk heksagonal simetrris. Dalam kehidupan sehari-hari, grafit memilki banyak kegunaan, diantaranya untuk bahan pembuatan pensil, zat warna untuk cat hitam, dan sebagai pelumas kering.
  • Bentuk Amorf, Karbon dalam bentuk amorf, seperti arang, kokas, batubara, dan karbon hitam (black carbon) memiliki sifat yang rapuh. Karbon amorf ini, antara lain digunakan sebagai bahan bakar (batubara), zat warna hitam, tinta cetak, dan sebagai pereduksi pada pross peleburan logam.


2) Karbon dalam persenyawaan 
  • CO (karbon monoksida) : gas yang sangat beracun karena dapat mengikat hemoglobin dalam darah sehingga menghalangi fungsi utama hemoglobin sebagai pengangkut oksigen, terbentuk pada pembakaran tak sempurna bahan bakar yang mengandung karbon seperti kayu dan bensin, karena sifatnya yang dapat terbakar dan menghasilkan panas, maka gas ini digunakan sebagai bahan bakar gas, sebagai reduktor pada pengolahan logam, membuat metanol.
  • CO2 (karbon dioksida) : gas yang tidak berwarna dan tidak berbau, tidak beracun, tetapi dapat mengusir oksigen sehingga jika kadarnya terlalu besar (10-20% volume) dapat membuat orang pingsan dan mengganggu pernafasan, terbentuk pada pembakaran sempurna bahan bakar yang mengandung karbon dan dari pernapasan makhluk hidup, digunakan untuk membuat es kering (dry ice) yaitu CO2 padat yang digunakan sebagai pendingin, untuk memadamkan kebakaran (tabung pemadam kebakaran berisi CO2 cair dengan tekanan 60 atm. Jika katupnya dilepas maka CO2 cair akan langsung menjadi gas dan menghalangi oksigen masuk kelokasi yang sedang terbakar sehingga api padam), untuk minuman bersoda.
  • NaHCO3 (natrium hidrogen karbonat) disebut juga natrium bikarbonat yang dalam sehari-hari disebut soda kue yang digunakan sebagai pengembang adonan, digunakan sebagai bahan pembuat kaca, bahan pembuat natrium silikat yang digunakan untuk pembuatan kertas, proteksi logam, dan detergen, serta untuk menghilangkan kesadahan air


3) Senyawa Karbon
Senyawa karbon digolongkan menjadi dua, yaitu karbon organik dan karbon anorganik.
  • Senyawa karbon organik, antara lain karbohidrat, protein, lemak, bahan bakar hidrokarbon, dan polimer.
  • Senyawa karbon anorganik, diantaranya kalsium karbonat (CaCO3) yang dapat digunakan untuk mengecat bangunan, kalsium karbida (CaC2) untuk membuat gas asetilena (C2H2) yang dapat digunakan untuk mengelas logam, dan soda kue yang digunakan sebagai bahan pengembang.


Label:

Post a Comment

  1. itu bisa jg membuat petasan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau juga sih, tapi mungkin aja bisa jika dicampur senyawa lainnya :-d , tapi gak saya sarankan ya krn bisa bahaya loh :>)

      Delete

[blogger][disqus]

Author Name

{picture#http://img09.deviantart.net/8f2d/i/2016/120/e/1/koutetsujou_no_kabaneri__ikoma_by_reijr-da0twud.jpg} I was a blogger who likes to divide the resources that I know to the visitors, and particularly liked the field of technology, design, health and forestry science. {facebook#https://web.facebook.com/icuk.sugiarto.507} {twitter#https://twitter.com/icuksugiarto_sa} {google#https://plus.google.com/u/0/+IcukSugiarto18} {pinterest#https://pinterest.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.