Kegunaan Dan Sifat-sifat Unsur/Senyawa Besi


A. Kegunaan Besi

1) Logam besi
Besi digunakan untuk membuat kontruksi jembatan, badan kendaraan (kereta api dan mobil), rel kereta api, dan kontruksi bangunan lainya. Kegunaan besi dalam bentuk logam campurannya, diantaranya sebagai berikut:
a. Stainless Steel
Stainless Steel merupakan campuran 74% Fe, 185 Cr, dan 8% Ni. Stailess steel bersifat kuat dab tahab tehadap korosi sehingga sering digunakan untuk membuat peralatan industri, peralatan rumah tangga, dan komponen kendaraan bermotor.

b. Baja Nikel
Baja nikel merupakan campuran 75% Fe dan 25%Ni.Baja nikel bersifat keras dan alot atau liat. Selain baja nikel, dikenal juga jenis baja lain, seperti baja mangan (campuran fe dan Mn) dan baja kromium (Campuran Fe dan Cr). Baja nikel bersifat sangan kuat sehingga dapat digunakan untuk membuat kawat dan senjata.
Contoh Baja

Jenis
Unsur Tambahan
Sifat
Kegunaan
Baja mangan
0,4-0,9% C dan
11-14% Mn
Keras & kuat
Rel kereta api, lapis baja, kendaraan perang.
Baja Nikel
25 % Ni
Kuat & tahan karat
Alat pengukur (meteran), kawat, persenjataan
Baja Crom-Vanadium
1-10% Cr dan    0,15 % V
Kuat & tahan terhadap beban
As kendaraan
Baja Stainless
0,2-0,4 % C,
14-18% Cr, dan     7-9% Ni
Tahan Karat

Alat - alat rumah tangga dan industri
Baja Wolfram
0,4 – 0,9 % C dan  5 % W
Sangat keras
Ujung alat pemotong

2) Senyawa Besi
Besi memiliki dua jenis bilangan oksidasi, yaitu Fe2+ (ion fero) dan Fe3+(ion feri). Kation besi ini mmudah berikatan dengan anion, seperti SO42- dan Cl Berikut contoh senyawa yang mengandung unsur besi beserta kegunaanya.
a. Besi (II) Sulfat (FeSO4)
Digunakan sebagai sumber mineral besi untuk terapi defisiensi atau kekurangan zat besi.Snyawa FeSO4 teknis (kurang murni) digunakan untuk membuat tinta bubuk.

b. Besi (III) Sulfat
Senyawa besi (III) sulfat ini digunakan dalam pewarnaan tekstil dan pengetsaan aluminium.

c. Besi (II) Oksida (FeO)
Senyawa besi (II) oksida ini dikenal juga sebagai meni besi atau oker yang digunakan sebagai pewarna tegel atau ubin.


3) Sifat sifat besi 
  • Besi murni adalah logam yang berwarna putih mengkilap dan relatif lunak
  • Cukup reaktif sehingga mudah terkorosi dalam udara lembab
  • Memiliki sifat logam dan mudah berkarat. Karat besi, Fe2O3.nH2O sangat berpori dan selalu mengelupas. Oleh karena itu perkaratan besi akan berlanjut sampai tuntas (besinya habis).

Label:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Author Name

{picture#http://img09.deviantart.net/8f2d/i/2016/120/e/1/koutetsujou_no_kabaneri__ikoma_by_reijr-da0twud.jpg} I was a blogger who likes to divide the resources that I know to the visitors, and particularly liked the field of technology, design, health and forestry science. {facebook#https://web.facebook.com/icuk.sugiarto.507} {twitter#https://twitter.com/icuksugiarto_sa} {google#https://plus.google.com/u/0/+IcukSugiarto18} {pinterest#https://pinterest.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.