Kegunaan Dan Sifat-Sifat Unsur Logam Aluminium


A. Kegunaan Aluminium

Logam aluminium merupakan logam yang Terdapat dalam bijih : Bauksit (Al2O3.2H2O), Kriolit (Na3AlF6) bersifat ringan, kuat, tahan korosi, mudah dibentuk, dan tidak reaktif sehingga logam ini  banyak digunakan dalam pembuatan alat-alat seperti berikut.
  1. Alat-alat dapur, badan pesawat terbang, rangka bangunan, dan velg ban mobil.
  2. Lembaran tipis aluminium (aluminium foil) yang banyak digunakan untuk kemasan makanan dan alat-alat bantu di laboratorium.
  3. Jaringan transisi tegangan tinggi karena uluminium memiliki daya hantar listrik yang baik.
  4. Selain itu, senyawa aluminium hidroksida (AL(OH)3) digunakan sbagai obat sakit mag yang dapat menetralkan kelebihan asam lambung.
  5. Dalam persenyawaannya : tawas / K2SO4.Al2(SO4)3.24H2O untuk penjernihan air; Alumina (Al2O3) untuk industri keramik, gelas, ampelas; Al(OH)3 dalam antasid digunakan utk menetralkan asam klorida dalam lambung ; termit (campuran serbuk aluminium dengan serbuk besi (III) oksida ) digunakan untuk mengelas baja di tempat, misalnya untuk menyambung rel kereta api. Reaksinya sangat eksoterm sehingga panas yang dihasilkan dapat melelehkan baja dan besi yang terbentuk akan menyambung baja yang dilas. 

Reaksinya :    2Al + Fe2O3          Al2O3 + 2Fe

B.    Sifat-sifat 
  • Logam berwarna putih perak dan ringan (massa jenisnya 2,7 gr/cm-3)
  • Aluminium murni relatif lunak dan tidak kuat. Akan tetapi, logam ini dapat dibuat paduan (aliase) dengan logam lain sehingga menjadi kuat serta meningkatkan sifat menguntungkan yang diinginkan
  • Memiliki sifat umum logam
  • Mudah bereaksi dengan O2, lapisan oksidanya dpt melindungi logam dari perkaratan
  • Bersifat amfoter, dapat bereaksi dengan asam maupun basa


Label:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Author Name

{picture#http://img09.deviantart.net/8f2d/i/2016/120/e/1/koutetsujou_no_kabaneri__ikoma_by_reijr-da0twud.jpg} I was a blogger who likes to divide the resources that I know to the visitors, and particularly liked the field of technology, design, health and forestry science. {facebook#https://web.facebook.com/icuk.sugiarto.507} {twitter#https://twitter.com/icuksugiarto_sa} {google#https://plus.google.com/u/0/+IcukSugiarto18} {pinterest#https://pinterest.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.