Kegunaan Dan Sifat-sifat Senyawa Tembaga


A. Kegunaan Tembaga

1) Logam Tembaga
Tembaga dalam bentuk  campuran digunakan untuk membuat perunggu., dan monel. Logam tembaga bersifat mudah menghantarkan arus listrik sehingga digunakan sebagai kabel dan kompenn berbagai alat elektronik.

2) Senyawa Tembaga
Berikut contoh senyawa yang mengandung unsure tembaga beserta kegunaanya.

a) Tembaga (II) Oksida (CuO)
Senyawa CuO digunakan sebagai insektisida, bahan baterai, bahan penyepuh, dan bahan pewarna hitam untuk keramik, bahan gelas, porselen, dan rayon.

b) Tembaga (II) Sulfat (CuSO4)
Senyawa ini digunakan sebagai antilumut dalam kolam renang dan memberikan warna biru pada air, pengawet kayu, penyepuhan, dan zat aditif dalam radiator.

c) Tembaga (II) Klorida (CuCl2)
Senyawa ini digunakan sebagai pewarna keramik dan gelas, pabrik tinta dan fotografi, serta pengawet kayu, dan katalis.

3) Sifat Senyawa Tembaga
  • Tembaga murni berwarna kuning kemerahan, relatif lunak, mudah dibengkokkan, dapat dibuat lembaran-lembaran tipis, serta penghantar panas dan listrik yang baik
  • Memiliki sifat umum logam
  • Tergolong logam yang kurang aktif


Label:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Author Name

{picture#http://img09.deviantart.net/8f2d/i/2016/120/e/1/koutetsujou_no_kabaneri__ikoma_by_reijr-da0twud.jpg} I was a blogger who likes to divide the resources that I know to the visitors, and particularly liked the field of technology, design, health and forestry science. {facebook#https://web.facebook.com/icuk.sugiarto.507} {twitter#https://twitter.com/icuksugiarto_sa} {google#https://plus.google.com/u/0/+IcukSugiarto18} {pinterest#https://pinterest.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.