Pembahasan Lengkap Mengenai Ordo Zoraptera - Zorotypus zimmermani (Rayap Fiji)



Zorotypus zimmermani (Rayap Fiji)






Gambar 1. Zorotypus zimmermani

Sumber : MICHAEL S. ENGEL. 2007. The Zorotypidae of Fiji (Zoraptera). Fiji Arthropods VII Edited by Neal L. Evenhuis & Daniel J. Bickel. Bishop Museum Occasional Papers 91: 33 – 38. http://hbs.bishopmuseum.org/ Fiji/fiji-arthropods/pdf/favii-05.pdf


A.    Klasifikasi
Kingdom   : Animalia
Phylum      : Arthropoda
Class         : Insecta
Divisi         : Eksopterygota
Ordo          : Zoraptera
Family       : Zorotypidae
Genus        : Zorotypus
Species      : Zorotypus zimmermani

B.     Defenisi
Nama ordo ini berasal dari bahasa Yunani “Zor-” yang berarti asli dan “aptera” yang berarti tidak bersayap. Merupakan serangga kecil (ukuran antara 1,5 -2,5 mm), dengan dua macam   bentuk dewasa yaitu bersayap dan tidak bersayap yang memiliki dua  nympha. Serangga tidak bersayap merupakan serangga yang buta, memiliki mata sederhana (ocelli) sedangkan bentuk bersayap/alates memiliki mata majemuk dan ocelli yang terpisah. Makanannya adalah jenis arthropoda berukuran kecil.

C.    Bentuk tubuh
Zoraptera seperti rayap yang kecil dalam penampilan umumnya berkelompok. Sayap-sayap berjumlah empat dan berselaput tipis, rangka sayapnya banyak dan menyusut dengan sayap belakang lebih kecil daripada sayap depan. Antena berbentuk manik-manik dan beruas sembilan pada yang dewasa. Memiliki mata majemuk dan mata tunggal. Tarsi dua ruas dan tiap tarsus memiliki dua kuku. Sersi pendek dan tidak beruas dan berakhir dengan rambut duri yang panjang. Abdomen pendek, bulat telur dan sepuluh ruas. Tabung malphiginya mengalami reduksi. Tipe mulut dari serangga ini mengunyah dan metamorfosis sederhana, dan nimfanya memiliki mata tunggal.

D.    Habitat
Habitat terdapat dibawah lembaran-lembaran kayu yang tertimbun dan tumpukan-tumpukan serpihan sisa gergaji yang lama. Koloni-koloni juga terdapat di bawah kulit kayu dan kayu-kayu yang sedang membusuk, terkadang berasosiasi dengan rayap. Makanan utama Zoraptera adalah spora-spora jamur, juga arthopoda kecil yang mati.



E.     Siklus Hidup Zorotypus zimmermani (Rayap Fiji)


Gambar 2. Siklus Hidup Zorotypus zimmermani

Sumber : Ardriantyo, atha. 2013. This is RAYAP. https://kicauan.files.wordpress.com/ 2012/12/siklus-hidup-laron.jpg











DAFTAR PUSTAKA

Ardriantyo, atha. 2013. This is RAYAP. https://kicauan.files.wordpress.com/ 2012/12/siklus-hidup-laron.jpg, [di akses pada tanggal 22 November 2015].

MICHAEL S. ENGEL. 2007. The Zorotypidae of Fiji (Zoraptera). Fiji Arthropods VII Edited by Neal L. Evenhuis & Daniel J. Bickel. Bishop Museum Occasional Papers 91: 33 – 38. http://hbs.bishopmuseum.org/ Fiji/fiji-arthropods/pdf/favii-05.pdf, [di akses pada tanggal 22 November 2015].


Label:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Author Name

{picture#http://img09.deviantart.net/8f2d/i/2016/120/e/1/koutetsujou_no_kabaneri__ikoma_by_reijr-da0twud.jpg} I was a blogger who likes to divide the resources that I know to the visitors, and particularly liked the field of technology, design, health and forestry science. {facebook#https://web.facebook.com/icuk.sugiarto.507} {twitter#https://twitter.com/icuksugiarto_sa} {google#https://plus.google.com/u/0/+IcukSugiarto18} {pinterest#https://pinterest.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.