Makalah Perencanaan Rencana Jalan Hutan






PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pembukaan wilayah hutan adalah salah satu kegiatan pengelolaan hutan yang menyediakan prasarana/infrastruktur untuk melancarkan kegiatan pengelolaan hutan, sehingga dapat terwujud pengelolaan hutan lestari (elias, 2007). Pembukaan wilayah hutan mempunyai fungsi untuk mempermudah penataan hutan; mempermudah pengangkutan pekerja, peralatan, dan bahan-bahan keluar masuk hutan; mempermudah kegiatan pembinaan hutan; mempermudah kegiatan pemanenan hutan, penebangan, penyaradan, pengumpulan, dan pengangkutan, serta mempermudah kegiatan hutan lainnya. Konsep pembangunan PWH adalah dalam perencanaan, pelaksanaan pembuatan dan pemeliharaan prasarana PWH harus memperhatikan aspek teknis, ekonomis, dan ekologis secara terpadu dalam 4 bidang, yaitu:
-         Perencanaan hutan,
-         Penataan areal hutan,
-         Pembukaan wilayah hutan, dan
-         Pemilihan sistem pemanenan kayu.

            Perencanaan hutan adalah suatu bagian proses pengelolaan hutan untuk memperoleh landasan kerja dan landasan hukum agar terwujud ketertiban dan kepastian hukum dalam pemanfaatan hutan sehingga menunjang diperolehnya manfaat hutan yang optimal, berfungsi serbaguna dan pendayagunaan secara lestari. Operasi di bidang kehutanan adalah merupakan kegiatan yang sangat kompleks, hal ini memerlukan perencanaan yang matang dan banyak keputusan harus diambil sebelum kegiatan yang dimaksud dilaksanakan. Perencanaan jangka panjang harus dikembangkan jauh sebelum kegiatan dimulai, pengetahuan tentang hasil inventarisasi dari sumber hutannya, keadaan topografi, kondisi tanah dan lain sebagainya. Perencanaan ini harus menggaris bawahi tentang lokasi dari jaringan jalan hutan termasuk jalan cabang yang dipertimbangkan sesuai dengan system logging yang akan diselenggarakan atau system lain yang diterapkan pada pemungutan hasil hutan.
            Pembuatan jalan hutan hendaknya ditinjau dari segi ekonomi dalam hubungannya dengan kesulitan tentang kelerangan dan temporarinya penggunaan jalan ini. Utamanya, diluar persoalan, dapat diberikan pelindung pada jalan ini dengan penutupan oleh aspal atau semen yang sudah pasti memerlukan biaya sangat besar. Perencanaan pembuatan jalan hutan tidak sama metodanya dengan pembuatan jalan umum yang terkadang memakai metoda yang memerlukan biaya sangat tinggi, tetapi juga tidak sama sekali mengesampingkan metoda itu. Jalan hutan memerlukan keahlian khusus dan pengetahuan yang masak dari daerah yang bersangkutandari seorang rimbawan. Keberhasilan suatu eksploitasi sangat tergangtung kepada biaya pembangunan jalan hutan dan banyaknya jaringan jalan untuk melayani angkutan log. Terdapat lima bagian yang perlu dipertimbangkan:
1.       Manfaat jalan hutan, penggunaannya, bentuk permukaannya dan bentuk melintangnya,
2.       Manfaat pembuatan jalan hutan dengan cara pemadatan tanah, jenis tanahnya dan komposisi lapisan dasarnya,
3.      Penetapan arah jalan,
4.      Proses pembangunan jalan: pembersihan wilayah, pengolahan tanah, pemadatan, kemiringan, drainase dan pemeliharaan,
5.      Masalah pemilihan alat kerja dan pemeliharaannya.

2. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai tugas pengaganti praktikum mata kuliah Pembukaan Wilayah Hutan.
PEMBAHASAN
PERENCANAAN TRACE JALAN
1.      Perencanaan dan Pembuatan Jalan Hutan
Jaringan jalan hutan direncanakan pertama pada peta topografi dan kemudian kerjakan di lapangan dengan menggunakan kompas, klinometer, cat atau kaset lesu (Parsakhoo  et  al., 2010) . Tidak seperti halnya jalan yang dipergunakan untuk umum jalan hutan hanya melayani sedikit keperluan. Intensitas lalu lintas yang jarang, kebanyakan lalu lintas satu arah, kadang-kadang digunakan untuk menaikan kayu, jarang mempunyai daerah untuk berpapasan kalau jalan itu digunakan dua arah, biasanya lalu lintas yang terjadi adalah truk yang panjang dan berat. Pada pengusahaan hasil hutan, setiap jalan atau bagian jalan, tidak mempunyai aturan seperti jalan umum. Sifat dari tiap bagian jalan tergantung kepada fungsi dari jalan tersebut, yaitu melayani konsesi hutan khususnya dalam hal eksploitasi.
Objek dari pekerjaan eksploitasi adalah pemindahan kayu hasil tebangan ke tempat-tempat khusus atau tempat pelegoan, terkadang juga melayani kegiatan lain di bidang kehutanan. Log yang terdekat, dihela ke tempat landing atau semacam depot yang dapat dilalui oleh truk. Setiap tempat landing dihubungkan oleh jalan tebang yang akan mengangkut kayu kemudian ke jalan yang lebih besar, sampai ke tempat pelegoan berupa jalan umum atau sungai atau jalan rel permanen.
Jalan untuk keperluan eksploitasi, secara umum dapat diklasifikasikan
sebagai berikut:
·                    Jalan Utama (main roads)
·                    Jalan cabang /anak jalan (secondary roads)
·                    Jalan ranting (feeder roads/brand roads)
Untuk setiap jalur jalan, profil dan irisan melintangnya perlu terlebih dahulu direncankan, sifat-sifat khusus yang harus ditentukan antara lain: Peta dari jaringan jalan, profil longitudinalnya, bentuk irisan melintangnya yang member petunjuk tentang kedudukan tanjakan/turunan, penimbunan dan galian, tikungan dan sebagainya. Jalan hutan, sebagaimana halnya jalan umum yang permukaan diperkeras, merupakan struktur engineering; yang terdiri dari dua bagian: Lapisan bawah (subgrade) dan lapisan lantai (pavement).

2.      Tikungan/Belokan
Rute jalan hutan biasanya mengikuti keadaan daerahnya, menelusuri sejajar kontur. Untuk mengikuti kontur tersebut tentu akan mengakibatkan jalan sangat panjang dan tidak ekonomis. Dengan demikian jalan dapan  melintasi lembah ataupun puncak bukit agar jalan tidak terlalu panjan dan dapat menghemat biaya/ekonomis. Hal ini menyebabkan jalan terlalu terjal atau curam, maka pada lembah yang dilalui perlu dilaksanakan pengurungan atau penimbunan yang bahannya dapat diperoleh dari puncak bukit yang digali karena terlalu tinggi.
Tikungan merupakan suatu busur lingkaran untuk menghilangkan tajamnya sudut pertemuan antara dua garis lurus. Titik pertemuan antara dua garis lurus di lapangan, ada yang bisa dicapai dan ada yang tidak. Titik yang bias dicapai dilapangan sangat mempermudah pembuatan busur lingkaran tikungannya karena dengan membagi dua sama besar sudut yang terbentuk dan menarik garis baginya, pada garis inilah terletak titik pusat lingkaran dengan jarijari yang sangat bervariasi besarnya.
Pembuatan tikungan/belokan (curve) harus direncanakan sesuai dengan keperluan pemakai tikungan tersebut, yaitu menjamin keselamatannya. Terdapat tiga (3) masalah yang perlu diperhatikan pada saat menikung:
a.       Kestabilan kendaraan pada saat menikung,
b.      Jarak pandang di tikungan,
c.       Kemampuan kendaraan/pengemudi menghadapi tikungan.
Selain perlu mempertimbangkan ke tiga factor diatas, perlu dipertimbangkan pula keadaan yang memaksa pada suatu tikungan dibuat tanajkan atau turunan,maka disini, selain gaya sentrifugal yang bekerja, juga gaya grafitasi, yang mempengaruhi kestabilan kendaraan.
3. Teknik Pembuatan Jalan pada Tanah dengan Daya Dukung Rendah
            Di suatu wilayah yang tanahnya hanya terdiri dari lempung (silt), liat (clay) atau tanah organisasi (organic soils), dengan jumlah curah hujan yang tinggi, diperlukan teknik khusus dari pembuatan jalan dalam rangka menjamin kontinuita angkutan log dan pembukaan wilayah hutan.

a.      Letak Jaringan Jalan Hutan
Di daerah berbukit-bukit dan lapangan curam, hendaknya di bangun jalan paunggung (ridge roads), seandainya memungkinkan,atau jalan hendaknya dibangun pada lereng tebing.Khususnya pada wilayah dengan kondisi yang sulit, ketentuan dari kerapatan jaringan jalan, adalah paling penting.Kerapatan jaringan jalan sangat tergantung kepada jarak rata-rata pengolahan (system pengolahan,yang diterapkan, ekonomi yang optimum dari pengolahan dengan menggunakan traktor ban baja, traktor ban karet, logging dengan cable-crane.
Letak umum dari jaringan jalan hutan, boleh direncanakan dengan melalui potret udara atau peta dengan garis kontur. Apabila hal ini tidak memungkinkan, dengan bantuan pemandangan keadaan topografi hasil survai, dapat pula dilaksanakan. Dari hasil survai tersebut, tempat khusus dari keadaan lapangan, misalnya : bentuk wilayah, tanah, aliran arus air, daerah bercadas/batu, erapatan tegakan dan data lain yang diperlukan untuk menghasilkan lokasi optimum dari jalan. Sesuai dengan perolehan informasi ini poros dari rute jalan hendaknya digambar pada peta dan setelah disurvai lagi, jalur jalan yang paling tepat dapat ditentukan.

b.      Penebangan dan Operasi Pembersihan
Pada suatu wilayah dengan daya dukung tanah sangat rendah, setelah penebangan pohon sepanjang jalur jalan, pembersihan dan pembuangan tonggak dapat dilakukan dengan menggunakan crawler-tractor. Biasanya, lebar minimum pembersihan mencapai 18 meter.
           


c.       Penggusuran Tanah dan Pembentukan Lapisan Dasar
Tergantung kepada jumlah tanah yang digusur, penggusuran tanah dengan menggunakan traktor berukuran 65 Hp. Diperlukan 10 – 20 hari untuk setiap kilometer pembuatan lapisan dasar jalan. Di atas lapisan yang telah disiapkan tadi, diletakkan beberapa kayu bulat dengan diameter tengah rata-rata 10 cm, dengan panjang 4 meter, sebagai alas pada posisi memanjang arah jalan dan lapisan ke dua diletakkan tegak lurus pertama. Log yang diameter tengahnya lebih besar, dikupas dengan kampak dan kemudian diangkut dan disusun dengan tangan, dengan jarak sejauh 5 meter dengan lebar 4 meter.
Selain menggunakan log pada lapisan dasar dengan daya dukung tanah yang rendah, salah satu yang juga dapat digunakan adalah semacam lapisan yang tidak bergelombang, khususnya untuk menjamin tidak terjadinya pencampuran lapisan dasar dengan lumpur, tanah liat atau tanah yang berdaya dukung rendah.

d.      Kerikil/Batuan Pemberian
Setelah bidang dasar dilapisi denga log atau lapisan berupa non-woven fabric, selanjutnya dilapisi oleh batuan atau kerikil. Di negara berkembang, penebaran batuan dengan tangan manusia kerapkali dilakukan dengan pertimbangan factor ekonomi. Tetapi betapapun terakhir kalinya tetap diperlukan mesin grader untuk menggilasnya. Penggilas ringan atau bulldozer dipergunakan untuk memadatkan material pengerasan tadi langsung pada saat dump truck menurunkan batuan yang berjalan sambil mundur pada jalan yang baru saja dilapisi.

4. Perkerasan Jalan
            Perkerasan jalan merupakan campuran antara agregat dan bahan pengikat yang digunakan intuk melayani beban lalu lintas. Agregat yang dipakai adalah batu pecah atau batu belah atau batu kali ataupun bahan lainnya. Bahan ikat yang dipakai adalah aspal, semen ataupun tanah liat.


a.      Jenis Konstruksi Perkerasan
Berdasarkan bahan pengikatnya kntruksi perkerasan jalan dapat dibedakan atas :
·        Konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement), yaitu perkerasan yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikat. Lapisan-lapisan perkerasannya bersifat memikul dan menyebarkan beban lalu lintas ke tanah dasar,
·        Konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement), yaitu perkerasan yang menggunakan semen (portland cement) sebgai bahan pengikat. Pelat beton dengan atau tanpa tulangan diletakkan diatas tanah dasar dengan atau tanpa lapis pondasi bawah. Beban lalu lintas sebagian besar dipikul oleh pelat beton,
·        Konstruksi perkerasan komposit (composite pavement), yaitu perkerasan kaku yang dikombinasikan dengan perkerasan lentur dapat berupa perkerasan lentur diatas perkerasan kaku, atau perkerasan kaku di atas perkerasan lentur.

b.      Jenis dan Fungsi lapisan Perkerasan
Konstruksi perkerasan terdiri dari lapisan-lapisan yang diletakkan diatas tanah dasar yang telah dipadatkan. Lapisan-lapisan tersebut berfungsi untuk menerima beban dan menyebarnya ke lapisan di bawahnya. Beban lalu lintas yang bekerja di atas konstruksi perkerasan dapat dibedakan atas:
1. Muatan kendaraan berupa gaya vertical
2. Gaya rem kendaraan berupa gaya horizontal
3. Pukulan roda kendaraa berupa getaran-getaran.
Karena sifat penyebaran gaya maka muatan yang diterima oleh masing-masing lapisan berbeda dan semakin ke bawah semakin kecil. Lapisan permukaan harus mampu menerima seluruh jenis gaya yang bekerja, lapisan pondasi atas menerima gaya vertical dan getaran, sedangkan tanah dasar dianggap hanya menerima gaya vertical saja.


5. Jaringan Jalan di Daerah Berbatu
Di wilayah hutan pegunungan, pembangunan jalan sangat  sulit dilakukan,  karena jumlah batu-batuan yang lebih besar dari tanah yang ada. Pada wilayah ini,  sering dilakukan  peledakan batu menggunakan jasa agen peledak dengan metode tradisional seperti peledakan dinamit dan non-peledak. Kemudian buldoser dan hidrolik excavator digunakan untuk menghilangkan batu yang sudah hancur. Peledakan dilakukan secara non-eksplosif, yaitu peledakan batuan dilakukan di dalam lubang dengan tujuan untuk perlindungan pohon-pohon di zona yang berdekatan (Parsakhoo  et  al., 2010)
Menurut (Parsakhoo  et  al., 2010), Proses konstruksi jalan hutan dapat dikelompokkan menjadi sepuluh langkah utama yaitu: (1) perencanaan jaringan, (2) mentransfer jaringan dari rencana ke tanah, (3) pemetaan, pengolahan data dan desain bagian, (4) rightof- cara penebangan, (5) perintis, (6) kanan dari arah penebangan, (7) kliring dan bersifat buaya, (8) penggalian dan tanggul, (9) tanah dasar finishing dan (10) permukaan.
                       


KESIMPULAN
Perencanaan hutan adalah suatu bagian proses pengelolaan hutan untuk memperoleh landasan kerja dan landasan hukum agar terwujud ketertiban dan kepastian hukum dalam pemanfaatan hutan sehingga menunjang diperolehnya manfaat hutan yang optimal, berfungsi serbaguna dan pendayagunaan secara lestari.
 Pebuatan jalan dapat dilakukan pada daerah berawa, daerah dengan lereng curam ataupun pada daerah berbatu, tetapi biaya yang dikeluarkan pastilah sangat besar. Pembuatan jalan hutan hendaknya ditinjau dari segi ekonomi dalam hubungannya dengan kesulitan tentang kelerangan dan temporarinya penggunaan jalan ini. Utamanya, diluar persoalan, dapat diberikan pelindung pada jalan ini dengan penutupan oleh aspal atau semen yang sudah pasti memerlukan biaya sangat besar.

           

DAFTAR PUSTAKA
Elias, 2007. Modul 2. Pelatihan Pembukaan Wilayah Hutan, Fakultas Kehutanan,                          Institut Pertanian Bogor, Bogor
Parsakhoo  et  al. 2010. Forest roads Planning and Construction in Iranian
                        Forestry.Department of Forestry, Faculty of Natural Resources, Sari
                        Agricultural Sciences and Natural Resources University, Sari, Iran.

Label:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Author Name

{picture#http://img09.deviantart.net/8f2d/i/2016/120/e/1/koutetsujou_no_kabaneri__ikoma_by_reijr-da0twud.jpg} I was a blogger who likes to divide the resources that I know to the visitors, and particularly liked the field of technology, design, health and forestry science. {facebook#https://web.facebook.com/icuk.sugiarto.507} {twitter#https://twitter.com/icuksugiarto_sa} {google#https://plus.google.com/u/0/+IcukSugiarto18} {pinterest#https://pinterest.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.