BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penyelenggaraan kesehatan mempunyai tujuan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap manusia. Adanya kemampuan hidup sehat merupakan syarat utama bagi tercapainya derajat kesehatan yang optimal, yang selanjutnya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik itu salah satunya dipengaruhi oleh penyajian makanan bergizi dan sehat. Penyajian makanan bergizi dan sehat perlu diperhatikan dengan baik agar anak tidak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Namun, di beberapa sekolah masih belum memperhatikan makanan bergizi dan sehat bagi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya penjual makanan yang tidak bergizi dan sehat di lingkungan sekolah. Sedangkan anak belum bisa membedakan mana makanan yang bergizi dan sehat dan yang tidak bergizi dan sehat.
Anak hanya bisa menilai dan menyukai makanan dari bentuk luarnya saja misalnya warna yang begitu menggoda dan ukurannya besar sekaligus murah. Akibatnya anak menjadi mudah terserang penyakit karena makanan tersebut. Realita tersebut perlu adanya tindakan dari pihak sekolah dan diri sendiri.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalahnya yaitu sebagai berikut:
1.      Apa saja ruang lingkup makanan bergizi dan sehat?
2.      Apa saja cirri-ciri dan fungsi makanan bergizi bagi kesehatan tubuh manusia ?
3.      Apa saja Pengaruh makanan terhadap kesehatan?



BAB II
PEMBAHASAN

           A.    Makanan bergizi dan Sehat
1.      Pengertian makanan Bergizi dan sehat
      Menurut Hulme, “makanan sehat dan bergizi” adalah makanan dalam arti yang sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan yang sehat harus terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang. Makanan bergizi tersebut juga dikenal dengan istilah 4 dan 5 sempurna, tetapi kepopulerannya sudah mulai memudar karena berbagai alasan. Makan dengan lauk pauk tahu, tempe, sepotong daging, dan serta mangkuk sayur masih belum cukup memenuhi kebutuhan gizi. Bila dilihat, menu makan tersebut sudah dianggap memenuhi kebutuhan kalori dan protein, tetapi apakah di dalamnya sudah tercakup nutrisi lain yang diperluhkan tubuh.
      makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah memadai. Sedangkan Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi syarat kesehatan dan jika dimakan tidak menimbulkan penyakit serta keracunan.  Selain itu makanan sehat dapat diartikan makanan yang beragam,bergizi, dan berimbang, serta aman bila dikonsumsi. Makanan bergizi tidak harus berupa makanan yang berharga mahal daan lezat, tetapi yang terpenting adalah zat-zatt yang terkandung di dalamnya. Makanan bergizi harus mengandung energy, pembangun, dan pengatur dalam jumlah yang seimbang. Sedangkan makanan seimbang ialah makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan. Makanan seimbang yang dimaksud haruslah memiliki kandungan zat gizi yang meliputi: karbohidrat, lemak, protein,mineral, dan vitamin.
Makanan yang beragam, bergizi, dan berimbang dan aman untuk dikonsumsi diimplementasikan kedalam 13 pesan dasar gizi seimbang diperuntukkan untuk semua kelompok umur, kecuali bayi yang berumur antara 0 – 4 bulan (hanya asi saja), yaitu :
a.        Makanlah aneka ragam makanan
b.       Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energy
c.        Makanlah makanan sumber karbohidrat,setengah dari kecukupan energy
d.       Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energy
e.        Gunakan garam beryodium
f.        Makanlah makanan sumber zat besi
g.       Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 4 bulan
h.       Biasakan makan pagi
i.         Minumlah air bersih, aman, dan cukup jumlahnya
j.         Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
k.       Hindari minum minuman beralkohol
l.         Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
m.     Bacalah label pada makanan yang dikemas

2.      Fungsi makanan bergizi bagi tubuh
      Fungsi makanan bergizi bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi setiap hari hendaknya mengandung unsur-unsur pengasil tenaga, pembangun sel-sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh. Sesuai dengan kegunaannya, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapt dikelompokkan sebagai berikut :
a.          Makanan sebagai sumber tenaga terutama yang mengandung hidrat arang.
b.         Makanan sebagai sumber zat pembangun, digunakan sebagai pembentukan sel-sel       jaringan tubuh yang baru, pembentukan sel darah merah, sel darah putih, dan zat         kekebalan atau antibody.
c.          Makanan sebagai sumber zat pengatur, mutlak diperlukan walaupun sangat sedikit.


3.      Ciri-ciri makanan bergizi dan sehat dan makanan tidak bergizi dan sehat
a.       Ciri-ciri makanan bergizi dan sehat
1)       Tidak banyak mengandung lemak-lemak hewani
2)       Rendah garam dan MSG, penggunaan penyedap rasa yg
banyak beredar di pasaran memang membuat makanan
terasa gurih dan nikmat, tapi bukan berarti mjd lebih sehat
3)       Banyak mengandung sayuran atau serat
4)       Tidak/sedikit menggunakan bahan pengawet. Setiap bahan
makanan yg dikemas umunya menggunakan bahan pengawet,
seperti bumbu kaldu, makanan kaleng dsb
5)       Menggunakan sedikit minyak goreng
6)       Mengandung zat-zat gizi seperti: karbohidrat, Protein, Vitamin, Lemak, Mineral, dan air

b.       Ciri-ciri makanan tidak sehat
1)       Mengandung formalin
2)       Mengandung zat-zat kimia berbahaya
3)       Memiliki bahan pengawet

4.      Syarat Makanan bergizi dan Sehat
      Didalam pemberian makanan yang bergizi dan sehat pada balita mempunyai beberapa kriteria yaitu:
a.          Memenuhi kecukupan energi dan semua zat gizi sesuai dengan umur
b.         Susunan hidangan disesuaikan dengan pola menu seimbang , bahan makanan yang                 tersedia setempat kebiasaan, dan selera terhadap makanan
c.          Bentuk dan porsi makanan disesuaikan dengan daya terima, toleransi, dan keadaan    faali bayi atau anak
d.         Memperhatikan kebersihan perorangan dan lingkungan.

5.      Pengaruh makanan bergizi terhadap kesehatan
      Makanan sebagai sumber energy dan zat pembangun tubuh merupakan elemen penting dalam tubuh manusia. Makanan akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap ketahanan dan kondisi tubuh serta pertumbuhan tulang dan gigi.
      Makanan akan diproses didalam tubuh , dan diserap sari-sari makanannya untuk kemudian dibakar dan diedarkan keseluruh bagian tubuh sesuai dengan fungsinya. Makanan akan mempengaruhi perkembangan sel , jaringan serta organ pada tubuh manusia. Apabila tubuh kemasukan bahan makanan yang mengandung toksin maka tubuh akan bereaksi serta memicu kerusakan pada bagian tubuh tertentu.
      Tanpa makanan tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Badan tidak akan berkembang serta tumbuh dan bekerja dengan baik. Makanan mengandung beberapa asupan bahan yang diperlukan oleh tubuh. Tapi terkadang kesadaran akan pentingnya makanan yang sehat dihiraukan oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran masyyarakat akan pentingnya makanan sehat serta kebutuhan akan efisiensi waktu dan ekonomi menyebabkan masyarakat lebih memilih makanan instan dan murah.
      Masyarakat tidak menyadari bahwa makanan-makanan instan, serta makanan yang mengandung pemanis dan pengawet buatan uang banyak beredar di masyarakat telah menyebabkan tingkat kesehatan menurun serta memicu penyakit berbahaya dalam jangka panjang. Harga makanan yang cenderung murah , menarik dan praktis menyebabkan makanan sehat terpinggirkan , apalagi terkadang pengemasan makanan sehat kurang menarik dan kuran enak jika dibandingkan dengan makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan berbahaya. Jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung bahan –bahan yang diperlukan tubuh maka tubuh akan mengalami defisiensi seperti busung lapar, lupus, dll. Jika kelebihan makanan maka timbul penyakit seperti obesitas, diabetes, dll. Oleh karena itu pemenuhan gizi seimbang sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
                   Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut:
1)      Makanan bergizi dan sehat adalah makanan yang beragam,bergizi, dan berimbang, serta aman bila dikonsumsi.
2)      Fungsi makanan bergizi bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh.
3)      Makanan bergizi dan sehat dan tidak sehat memiliki ciri-ciri khusus untuk dapat membedakan antar keduanya.

B. Saran
             Setelah mengetahui pentingnya makanan bergizi dan sehat untuk memacu perkembangan dan pertumbuhan peserta didik, kami sebagai calon pendidik memberikan saran sebagai berikut:
1. Melarang siswa jajan sembarangan.
2. Mendirikan kantin sekolah yang menjual makan bergizi dan sehat.
3. Guru berperan aktif dalam mendukung program penyajian makan bergizi dan sehat.







DAFTAR PUSTAKA

Nasution, Noehi. 2008. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1993. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
_________________________. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Toho Cholik M dan Rusli Lutan. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Hariminantyo.2008.Makanan Sehat. http://hariminantyo. blogspot.com/2008/04 /makanan-sehat.html. Diakses tanggal 23 oktober 2010 pukul 08.15
Mukti Bayu.2008.Makanan Sehat Mempengaruhi Kecerdasan Anak. http://Bayu Mukti.blogspot.com/2008/04/makanan-sehat-mempengaruhi-kecerdasan anak.html.Diakses tanggal 23 oktober 2010 pukul 09.15
Swastika Agung.2008.Makanan sehat dan Seimbang. http://Agung Swastika.com/2008/04/makanan-sehat-mempengaruhi-kecerdasan anak.html. Diakses tanggal 23 oktober 2010 pukul 10.15

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top