Pengertian Browser

Dalam ber-internet kita pasti tak lepas dari software yang namanya browser.
Browser merupakan suatu program yang digunakan untuk berselancar mengarungi dunia maya internet, membuka website, nge blog, mengelola Facebook , friendster, Twitter dan sebagainya. Pada operasi system microsoft windows secara default otomatis tersedia program browser yaitu internet explorer. Sebenarnya selain Internet Explorer terdapat bermacam macam program browser Aternatif pengganti program browser microsoft tersebut.






Nama-nama Aplikasi Browser Untuk Komputer

1.      Flock

Browser ini sebenarnya adalah salah satu varian atau hasil modifikasi dari browser firefox, namun di dalam nya kaya akan addon dan plugins yang berguna, salah satu julukannya adalah social network browser, karena banyak failitas addon dan plugins yang bisa kita gunakan dan membantu kita dalam mengelola account social network seperti Facebook , Twitter, Flicker dan Youtube.
Flock menghadirkan webmail, foto, video dan update dari situs-situs favorit Anda, sehingga Anda tidak perlu mengeceknya satu persatu.

·          Keep In Touch, berhubung dengan teman dan segala aktivitas mereka, memastikan agar tidak ketinggalan berita.
·          It’s Cool To Share, memungkinkan fungsi drag and drop sehingga dapat berbagi secara mudah dengan teman-teman.
·          Make the News: Publish Yourself , mempermudah blogging dan upload foto ke layanan-layanan populer dengan mudah. Cukup login ke layanan favorit dan akan dapat terhubung secara instant dari mana pun.
·          Easy Access,  menghubungkan secara otomatis dengan lebih dari 20 layanan online. Cukup login, Flock melakukan sisanya.
·          Stay Informed and Be Heard,  memberikan fitur-fitur yang tidak bisa ditemukan di browser lainnya, entah membuat berita atau membaca berita.
2.      Mozila Firefox

            Browser ini adalah browser paling populer diantara netter karena dikenal kecepatan dalam akses website, tersedia banyak addon dan plugins , dan mudah dalam tweakingnya sehingga browser mozila firefox ini bisa makin kencang.
·          Mudah melakukan bookmarking (menandai website) cukup dengan satu kali klik.
·          Add-On. Fasilitas untuk berbagai jenis keperluan konfigurasi firefox, misalkan kita ingin merubah skin standar dengan skin baru yang lebih bervariasi, anda bisa menggunakan fasilitas ini.
·          Keamanan yang mumpuni. Kita tidak perlu lagi khawatir soal keamanan. Karena semua fasilitas keamanan online yang di butuhkan sudah lengkap tersedia di browser ini. Kecepatan akses (di atas rata-rata)

3.      Internet Explorer
·          Web Slices. Mengetahui informsai terbaru dari situs yang sering disingahi tanpa harus mengunjunginya.
·          Private Browsing. Mencegah browser menyimpan history dari aktivitas berinternet yang dilakukan.
·          Keamanan juga tidak perlu di khawatirkan.
·          Kecepatan akses (IE versi 8) jelas lebih cepat dari versi sebelumnya.

Internet Explorer 8 merupakan versi terakhir dari browser web serupa yang paling nyaman dipakai, membantu Anda mendapatkan apa pun dari web secara lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman daripada sebelumnya.
  • Lebih Cepat Internet Explorer 8 lebih responsif ke halaman dan tab baru, membuka lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Anda kini bisa mendapatkan informasi yang paling Anda inginkan secara lebih singkat; akses webmail, situs berita favorit, atau layanan online lainnya hanya dengan satu klik.
  • Lebih Mudah Mengurangi jumlah langkah untuk menyelesaikan banyak tugas umum, dan mengotomatiskan akses ke pembaruan informasi waktu-nyata. Anda dapat tetap mengikuti jejak tim olahraga favorit, berita, cuaca hanya dengan satu klik.
  • Lebih Pribadi Membantu melindungi informasi pribadi dan rahasia Anda, di mana pun Anda pergi di web.
  • Lebih Aman Membantu melindungi dan menghentikan perangkat lunak berbahaya menyerang PC, dan membuatnya lebih mudah mendeteksi kepalsuan sebuah website.

4.      Opera

Opera adalah salah satu dari browser yang paling populer. Browser ini juga menjadi browser resmi dari Nitendo WS dan Wii.
·         Sistem Navigasi Suara. Fasilitas ini selain memberi perintah lewat suara, kita juga bisa meminta browser ini untuk membacakan isi sebuah situs web, jadi kita cuman dengerin dia ngomong belepotan hehehe....
·         Dapat menampilkan situs web dalam satu jendela/layer.
·         Soal keamanan jangan ragu dengan aplikasi ini.
·         Kecepatan akses boleh disamakan dengan Mozilla Firefox
5.      Google Chrome
Program browser ini adalah Software browser buatan google, meski baru dikeluarkan browser ini sudah mampu menarik penggunan untuk menggunakan browser google chrome ini.
Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.
 Desainnya sangat sederhana jadi kalau menggunakan aplikasi browser ini rasanya begitu lega/plong, karena aplikasi yang di sediakan Google Chrome hanya berupa ikon dan itupun tidak menggangu pemandangan di layar.
·          Address Bar-nya menarik, karena setiap kita mengetikkan teks di kotak alamat, maka Google Chrome akan memberikan saran pencarian.
·          Fasilitas Shortcut. Dengan fasilitas ini kita bisa melihat situs-situs web yang sebelumnya telah ksita kunjungi dalam bentuk thumbnail situs.
·          Soal keamanan, Google Chrome lebih jitu. Bahkan ketika kita akan berkunjung pada situs yang berlimpah virus, Google Chrome terlebih dulu memperingatkan bahwa di situs tersebut terdapat virus.
·          Kecepatan akses boleh dibilang sangat mumpuni, bisa langsung di sejajarkan dengan Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan Internet Explorer. Karena itu pula saya memberi tema pada artikel ini: “Pertempuran Seru 6 Apliksi Browser”. Sekarang anda dapat menentukan pilihan yang mana kira-kira terbaik untuk anda miliki.

6.      Safari


              Safari adalah aplikasi browser dari Apple Inc. Awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Namun pada pertengahan tahun 2007 Apple meluncurkan aplikasi browser Safari untuk sistem operasi Windows. Aplikasi Safari berbeda dengan aplikasi browser lainnya, karena menitik beratkan pada kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Pada safari kita akan temui tampilan yang jauh berbeda, dimana elemen desain yang sangat canggih sehingga membuat browsing kita lebih menyenangkan.
·          SnapBack. Fasilitas ini berfungsi untuk kembali ke titik awal aktivitas browsing setelah berkunjung ke banyak tempat (situs website).
·          Progress Bar. Dengan fasilitas ini kita bisa tahu seberapa cepat halaman website tampil di layar.
·          Untuk keamanan, fasilitasnya masih standar.
·          Untuk kecepatan akses, boleh dibilang Safari adalah jagoannya. Karena Safari memang dirancang sebagai browser yang ringan dan cepat.
7.      Netscape Communications
Netscape Communications ( sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan jasa komputer Amerika Serikat yang terbaik dikenal dengan web browser. Ketika perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Mountain View, California.[1]
Penjelajah web Netscape pernah mendominasi dari penjelajah web lain dalam hal penggunaan saham, namun tak lama sebagian sahamnya berpindah ke Internet Explorer selama perang penjelajah web. Pada akhir tahun 2006, pangsa penggunaan browser Netscape jatuh, dari lebih dari 90% pada pertengahan tahun 1990-an, menjadi kurang dari 1%. Netscape mengembangkan Secure Sockets Layer Protocol (SSL) untuk mengamankan komunikasi online, yang masih banyak digunakan,[2] as well as JavaScript, bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram sisi klien halaman web.
Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center of Supercomputing Application di Urbana Champaign.


Netscape Navigator dapat digunakan untuk mengunjungi word wide web page dan juga dapat membuat serta melihat dokumen HTML yang ada bahkan dapat melihat bentuk asli dari dokumen HTML.

Post a Comment Blogger

 
Top